Minggu, 10 Juli 2016

Tipu 14 Milliar Sogokan CPNS, Keponakan Menpan ditangkap | Klarifikasi Menpan Lihat Berikut!

Menpan & RB ~ Tipu 14 Milliar Sogokan CPNS, Keponakan Menpan ditangkap | Klarifikasi Menpan Lihat Berikut! Total dana yang terkumpul adalah 14 Milliar atau tepatnya Rp 14.125.500.000, banyak bukan, ya jumlah yang bukan main-main itu semua terkumpul dengan menjanjikan calon PNS bisa diterima menjadi CPNS.

Pelaku mengaku sebagai keponakan Menpan dan masing-masing dari calon PNS Rp 22.500.000 per orang agar bisa diterima menjadi CPNS, korban terpedaya karena tersangka mengaku keponakan dari Menpan.

Pelaku akhirnya ditangkap atas laporan dari korban karena tidak tepat janji, seharusnya uang yang menjadi sogokan dijanjikan akan dikembalikan jika gagal diterima menjadi CPNS namun hal itu tidak terwujud, tidak terima ditipu akhirnya korban pun melaporkan pelaku ke polisi.

Pelaku diketahui bernama Irwandi yang mengaku sebagai keponakan Menpan namun dalam keterangannya Menpan tak kenal dengan Irwandi apalagi memiliki hubungan keluarga sebagai keponakan.

Lihat juga : Ribuan formasi CPNS 2016 dan Jadwal CPNS

Irwandi ditangkap setelah AA melaporkannya karena janji yang diucapkan tak kunjung terbukti, diketahui Irwandi dan AA berkenalan pada akhir tahun 2013 yang lalu kemudian AA bermaksud minta tolong kepada Irwandi agar bisa diterima menjadi PNS, karena Irwandi mengaku keponakan Menpan maka AA pun yakin bahwa Irwandi mampu meluluskannya menjadi PNS dengan setoran uang sebanyak 22,5 juta dengan perjanjian akan mengembalikan uang jika tidak lulus.

Sesuai UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, penyelenggaraan seleksi CPNS dilaksanakan oleh pemerintah melalui proses dan mekanisme yang bersih, objektif, transparan dan akuntabel berdasarkan kualifikasi dan kompetensi. Artinya tidak ada pihak yang mampu meluluskan peserta kecuali memang harus mengikuti prosedur tes CPNS yang telah ditetapkan.

Dari tangan pelaku juga disita 12 kwitansi hasil pembayaran calon PNS yang juga melakukan sogokan, dan pada 5 Juli 2016 lalu ia ditangkap dikediamannya Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Kini Irwandi mendekam di tahanan Polda Metro Jaya untuk menerima peradilan atas yang telah dilakukannya.


Dilain pihak Menpan mengadakan siaran pers terkait pengakuan tersangka sebagai keponakan Menpan, dan 6 poin klarifikasi atas perbuatan penipuan yang mencatut nama Menpan tersebut sebagai berikut.

  1. Menteri PANRB, Bapak Yuddy Chrisnandi, sama sekali tidak mengenal dan memiliki hubungan apapun dengan terduga pelaku Sdr. IR. Sesuai dengan penjelasan yang diberikan oleh pihak kepolisian, Sdr. IR melakukan tindakan penipuan penerimaan CPNS tersebut pada tahun 2013, dimana saat itu Bapak Yuddy Chrisnandi belum menjabat sebagai Menteri PANRB RI.
  2. Kementerian PANRB meminta pihak Kepolisian Republik Indonesia untuk menindak tegas dan memproses hukum yang bersangkutan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Kementerian PANRB menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tidak mempercayai pihak manapun yang menjanjikan dapat membantu mengurus ataupun memproses penerimaan CPNS.
  4. Sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, penyelenggaraan seleksi penerimaan CPNS dilaksanakan oleh pemerintah melalui proses dan mekanisme yang bersih, objektif, transparan dan akuntabel berdasarkan kualifikasi dan kompetensi. Seleksi CPNS dimaksud meliputi seleksi administrasi, Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), serta Tes Kompetensi Bidang (TKB). Dalam pelaksanaannya, bagi peserta seleksi CPNS tidak dikenakan pungutan biaya sepeserpun.
  5. Apabila ada informasi terkait penerimaan CPNS yang tidak bisa dipertanggungjawabkan sumbernya, apalagi terindikasi ada modus penipuan di dalamnya, dimohon segera melaporkannya kepada pihak Kepolisian atau langsung ke Kementerian PANRB atau melalui kanal pengaduan kami yakni email halomenpan@menpan.go.id dan/atau portal lapor.go.id.
  6. Diminta kepada seluruh warga masyarakat untuk berhati-hati dan waspada. Tidak ada pihak manapun yang dapat menjamin kelulusan dalam seleksi penerimaan CPNS. Silahkan akses informasi resmi berbagai kebijakan Kementerian PANRB melalui portal www.menpan.go.id.
Demikian, atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih. >> Info CPNS

Tipu 14 Milliar Sogokan CPNS, Keponakan Menpan ditangkap | Klarifikasi Menpan Lihat Berikut! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CPNS Guru