Jumat, 19 Agustus 2016

Info Menpan Honorer K2 Diangkat CPNS Tahun 2016/2017

Menpan CPNS ~ Info Menpan Honorer K2 Diangkat CPNS Tahun 2016/2017 | Pengangkatan sebagian honorer k2 tak kunjung memberikan penyelesaian bagi sebagian lainnya, sedangkan problematika Honorer K2 tak kunjung usai meskipun roda pemerintahan telah bergulir, lalu bagaimana pengaruh keputusan Menpan terhadap tuntutan kebijakan mengenai pengangkatan Honorer K2 tahun 2016/2017.

CPNS menjadi impian banyak orang apalagi proses diterimanya menjadi PNS bisa dilakukan secara langsung tanpa oleh Menpan seperti harapan semua tenaga honorer k2, bagaimana tidak sebagian lainnya memperoleh keberuntungan luar biasa karena telah lebih dahulu diangkat menjadi CPNS hingga 3 Menteri menjabat sejak permasalah honorer k2 ini muncul masih belum menemui titik terang.

menpan honorer k2

Undang-undang ASN telah disahkan namun para tenaga honorer meminta perhatian untuk diangkat dan kini semasa Menpan Asman yang baru honorer k2 menaruh harapan baru agar nasibnya bisa ditolong dan bisa diangkat menjadi CPNS tahun 2016 ataupun 2017.

"Karena MenPAN-RB baru adalah kader PAN, kami punya harapan baru beliau akan care ke kami," kata Ketum Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Titi Purwaningsih.

Alasan ini cukup beralasan karena sejak sebelumnya yakni di zaman Pak Azwar yang notabene kader PAN getol dalam memperjuangkan tenaga honorer hanya saja puncak pemerintahan saat ini dipegang oleh lain tokoh, Menpan kala itu semasa pemerintahan SBY dan yang menjadi masalah adalah Undang-undang ASN telah disahkan.

Menurut UU ASN serta berakhirnya masa berlaku PP 56 Tahun 2012, yakni Undang-Undang Nomor 5 tahun 2015 Tentang Aparatur Sipil Negara tidak memberikan ruang bagi rekruitmen dan pengangkatan CPNS secara langsung atau otomatis.

Ini  UU ASN Pasal 58 ayat 3 bahwa persyaratan dalam penerimaan CPNS dilkukan dengan tahapan sebagai berikut :

  •     Tahapan perencanaan
  •     Pengumuman lowongan
  •     Pelamaran
  •     Seleksi
  •     Pengumuman hasil seleksi
  •     Masa percobaan menjadi CPNS
  •     Pengangkatan menjadi PNS.

Dan diperkuat Pasal 61 bahwa Setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PNS setelah memenuhi persyaratan.

Pada UU pasal 62 ayat 2 dijelaskan penekanan penerimaan CPNS melalui tiga tahap proses yakni :

  •     Proses seleksi administrasi
  •     Proses tes kemampuan dasar (TKD)
  •     Proses tes kemampuan bidang.

Selain Undang-Undang, Peraturan Pemerintah nomor 56 Tahun 2012 Tentang Perubahan Atas PP Nomor 48 Tahun 2005 Tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Pegawai Negeri Sipil juga memberikan batasan-batasan yang jelas.

Tambaahan lagi PP Nomor 48 tahun 2005 itu menyebutkan tenaga honorer K2 dapat diangkat menjadi CPNS setelah mengikuti tes kemampuan dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB). PP Itu juga menegaskan , Tenaga honorer yang dinyatakan lulus ujian sebagaimana dimaksud pada ayat (7) dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil berdasarkan jumlah dan kualifikasi formasi sampai dengan Tahun Anggaran 2014.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa UU ASN dengan tegas tidak mengizinkan pengangkatan CPNS secara langsung dan otomatis hingga akhirnya hal inilah yang memupus harapan bagi tenaga honorer K2 meskipun memang telah terus berjuang.

Ditinjau dari sisi lain mengenai tenaga honorer k2 yang akan diangkat menjadi CPNS tahun 2016 atau 2017 mengenai biaya yang akan ditanggung oleh pemerintah yang berdasarkan hitungan diperoleh angka-angka 34 triliun rupiah per tahun untuk pengangkatan honorer K2 secara bertahap.

Harapan yang masih mungkin terjadi,

  1. Lobi dari pemerintah daerah,
  2. Pengusulan revisi UU ASN,
  3. DPR menyetujui revisi.
Untuk saat ini Info Menpan Honorer K2 Diangkat CPNS Tahun 2016/2017 masih dapat dilakukan hanya dengan 3 cara diatas. Info lain untuk bukaan CPNS baru bisa cek di registrasi.casn.kemdikbud.go.id
>> Info CPNS

Info Menpan Honorer K2 Diangkat CPNS Tahun 2016/2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CPNS Guru