Kamis, 18 Agustus 2016

Jadwal CPNS 2016 Terbaru Jalur GGD Khusus Kemdikbud

Menpan.go.idJadwal CPNS 2016 Terbaru Jalur GGD Khusus Kemdikbud | Harapan mengenai bukaan CPNS kembali bersinar karena mulai tanggal 18 agustus hingga 31 agustus dibuka penerimaan calon ASN atau yang lebih dikenal dengan calon PNS dibuka oleh Kemdikbud, apa saja syaratnya dan berapa banyak kuota yang diperlukan simak informasinya.

Haus bukaan CPNS akhirnya terjawab sudah meskipun bukan untuk jalur umum namun ini bisa menjadi awal dari bukaan CPNS 2016 yang terbaru yakni Kemdikbud menjaring guru yang berkompeten dibidangnya ditandai dengan sertifikat pendidik melalui jalur pendidikan profesi guru (PPG) untuk dapat diangkat menjadi ASN atau PNS.

Jadwal CPNS 2016 Terbaru Jalur GGD Khusus Kemdikbud

Adapun syarat yang harus dipenuhi adalah melakukan registrasi online pada situs penerimaan ASN baru Kemdikbud tahun 2016, dan jadwal bukaan CPNS 2016 berlangsung selama kurang lebih 2 minggu yakni mulai 18 Agustus hingga 31 Agustus mendatang.

Bagi yang mempunyai sertifikat pendidik ataupun keluarga, teman atau kenalan yang memiliki itu harap diinformasikan bahwa bukaan ini diperuntukkan bagi GGD (guru garda depan) untuk wilayah SM3T, di 97 Kabupaten dengan wilayah terpencil.

Langkah ini merupakan wujud dari pemerataan pendidikan yang tengah dijalankan oleh pemerintah, selanjutnya mengenai cara pendaftaran bisa cek sebegai berikut.

  1. Daftar di web bukaan CPNS 2016 di registrasi.casn.kemdikbud.go.id
  2. Lihat disisi tengah laman, ada tombol login dan daftar, yang harus dilakukan adalah klik tombol "Daftar" lalu isi formulir sesuai dengan biodata diri yang lengkap.
  3. Kolom isian yang pertama adalah Nama Lengkap (isi sesuai ijazah), lalu nomor sertifikat (bukan nomor peserta PPG), kemudian pilih jenis PPG, isi NIK, No KK, email dan password.
  4. Jika sudah lakukan login dan kembali lengkapi biodata diri di web tersebut.
Bila kurang jelas cek tata cara pendaftaran lengkap dibawah ini, Kuota yang disiapkan sebanyak 7.000 GGD dan akan ditempatkan di 93  daerah terdepan, terluar, tertinggal dan terpencil, minimal selama lima tahun.


Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi, dalam pengumuman nomor 30660/A3/KP/2016, menyatakan, kesempatan itu dibuka khusus bagi lulusan program profesi guru (PPG) pascaprogram Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T).

Termasuk dari PPGS, PGSD Berasrama, PPG SMK  Kolaboratif, PPG Basic Science, dan PPGT yang telah mengabdi sebagai guru di daerah khusus, (terdepan, terluar, tertinggal dan terpencil).



Tata Cara Pendaftaran

HARAP BACA dengan seksama keterangan dan panduan berikut ini
  1. TAHAP 1 PILIH JENIS LAMARAN

    Pilih jenis tenaga Guru Garis Depan
  2. TAHAP 2 PILIH UNIT KERJA DAN KUALIFIKASI AKADEMIK

    1. Unit Kerja
      Pilih unit kerja yang dilamar dengan cara mengklik salah satu dari tabel unit kerja yang tersedia sesuai formasi yang diinginkan.
    2. Kualifikasi Akademik
      Pilih kualifikasi akademik dengan cara mengklik menu dropdown. Kualifikasi Akademik yang ditampilkan adalah sesuai dengan yang dibutuhkan pada Unit Kerja yang Anda lamar. Bilamana pilihan tersedia tidak sesuai dengan jurusan/bidang studi Anda, Mohon tidak meneruskan proses pendaftaran online CASN KEMDIKBUD. Untuk kualifikasi pendidikan lulusan luar negeri, disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan yang tersedia.
  3. TAHAP 3 PILIH LOWONGAN FORMASI YANG DILAMAR

    Pilih salah satu formasi yang akan dilamar dari daftar yang tersedia. Formasi yang tampil disesuaikan dengan pilihan unit kerja dan kualifikasi akademik yang dipilih pada tahap sebelumnya.
  4. TAHAP 4 PENGISIAN DATA LAMARAN

    1. Email: Tertera sesuai alamat email yang digunakan
    2. Nomor Identitas: Tertera sesuai nomor identitas kependudukan yang ditulis pada saat pendaftaran awal
    3. Nama: Isikan nama Anda dengan lengkap tanpa titel/gelar sesuai dengan yang tertera pada Ijazah Anda.
    4. Gelar: Isi kolom dengan gelar akademik, gelar depan jika digunakan didepan misal: dr., Dr., dan gelar belakang jika digunakan dibelakang misal: S.Kom., M.TI., dll
    5. Jenis Kelamin: Pilih salah satu. Pilihan yang tersedia : Laki-Laki, Perempuan.
    6. Status Pernikahan: Pilih salah satu. Pilihan yang tersedia : Belum Nikah, Menikah, Janda/Duda.
    7. Tempat Lahir: Pilih dengan cara mengklik menu dropdown pada kolom Kabupaten/Kota Kelahiran sesuai dengan tempat lahir Anda.
    8. Tempat Lahir Lain: Apabila nama tempat lahir Anda tidak terdapat dalam menu dropdown Tempat Lahir, ketik nama kota tempat kelahiran Anda dan nama negara apabila di luar negeri, contoh: Los Angeles, California, Amerika Serikat.
    9. Tanggal lahir: isi tanggal lahir Anda dengan format Tanggal-Bulan-Tahun (DD-MM-YYYY) atau pilih dengan cara meng-klik pada kotak isian untuk menampilkan kalender. Untuk pilihan tahun lahir klik pada kolom tanggal bagian sampai keluar format tahun lalu pilih tahun yang sesuai, lanjutkan dengan memilih bulan dan tanggal lahir Anda, kemudian klik pada tanggal. Contoh: 06-12-1987. Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun dan belum berusia 40 tahun harap membaca tata cara pendaftaran.
    10. Alamat: Isikan alamat yang sesuai dengan yang tercantum di NIK/KTP (nama jalan, no.rumah, RT / RW, Kelurahan, Kecamatan dan Kode Pos).
    11. Kota/Kabupaten Domisili: Pilih dengan cara mengklik menu dropdown pada kolom Kabupaten/Kota Domisii sesuai dengan tempat tinggal Anda.
    12. Agama: Pilih dengan cara mengklik menu dropdown yang tersedia pada kolom Agama.
    13. Lokasi Tes Kompetensi Dasar: Pilih dengan cara mengklik menu dropdown yang tersedia pada kolom wilayah yang dipilih untuk lokasi tempat pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar yang diinginkan.
    14. Informasi Detail Pendidikan: Memuat data tingkat pendidikan, kualifikasi, dan formasi yang telah dipilih pada tahap sebelumnya.
    15. Asal Sekolah/Perguruan Tinggi: Isikan nama Perguruan Tinggi/Sekolah Asal sesuai dengan yang tertera pada Ijazah Anda. Harap tidak menyingkat penulisan nama perguruan tinggi. Contoh penulisan yang benar: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Budi Luhur.
    16. Nomor Ijazah: Isikan nomor ijazah sesuai dengan yang tertera pada Ijazah Anda. Untuk Ijazah Luar Negeri diharuskan mencantumkan juga nomor Keputusan hasil penyetaraan dari Direktorat Pendidikan Tinggi Kemdikbud bagi kelompok Sarjana dan Direktorat Pendidikan Menengah Kemdikbud bagi kelompok SLTA.
    17. Tanggal Ijazah: Isikan tanggal Ijazah sesuai dengan yang tertera pada Ijazah Anda dengan format Tanggal-Bulan-Tahun (DD-MM-YYYY) atau klik pada kolom tanggal untuk menampilkan kalender bantuan. Contoh: 09-12-2014
    18. IPK: Untuk tingkat Sarjana, Isikan nilai IPK sesuai dengan yang tertera pada transkrip nilai. Contoh: 3.5 (gunakan titik untuk pemisah desimal).
    19. Isikan minimal satu, maksimal tiga data Pengalaman Mengajar yang pernah dilakukan, isi setiap data dengan lengkap.
    Klik Lanjutkan untuk melanjutkan ke Tahap 5
  5. TAHAP 5 KONFIRMASI DAN PERNYATAAN

    Konfirmasi rincian isian data formulir pendaftaran. Harap anda periksa kembali dengan seksama sebelum mengirimkan/menyimpan data, data yang sudah tersimpan TIDAK BISA diubah kembali apabila terdapat kesalahan pengisian! Selanjutnya Anda harus mengklik pada kolom centang kalimat pernyataan sebagai tanda bahwa Anda setuju dengan pernyataan bahwa: Surat Pertanggungjawaban Mutlak

Saya bersedia bertanggungjawab mutlak dan menyatakan bahwa:

  1. Dokumen-dokumen yang saya miliki sesuai dengan yang dipersyaratkan;
  2. Semua data yang saya isi sudah sesuai dan sebenar-benarnya;
  3. Apabila terdapat ketidaksesuaian dokumen dengan yang dipersyaratkan maka lamaran saya dapat dibatalkan;
  4. Apabila dikemudian hari terbukti memberikan data yang tidak sesuai fakta/sengaja melakukan manipulasi data baik pada setiap tahapan seleksi maupun setelah diangkat menjadi CASN maka:
  5. Kelulusan saya dapat dinyatakan batal dan/atau diberhentikan sebagai CASN.
  6. Melanggar UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 Pasal 35 dan Pasal 51 dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 12.000.000.000,- (dua belas milyar rupiah).
PERHATIAN!!! Mohon periksa sekali lagi data yang dimasukkan apakah sudah benar, jika Anda yakin sudah benar maka klik tombol "SIMPAN". Jika Anda sudah meng-klik "Simpan", Anda sudah tidak bisa mengubah data Anda lagi.
CETAK FORMULIR DAN KARTU UJIAN ANDA Isian Formulir Pendaftaran Online dan Kartu Ujian berupa file PDF yang dapat di Unduh atau dicetak langsung dengan Kertas A4. Jika printer telah tersedia.
>> Info CPNS

Jadwal CPNS 2016 Terbaru Jalur GGD Khusus Kemdikbud Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CPNS Guru