cpns.kemenkumham.go.id Pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 Dokter, S1, D3 dan SLTA

CPNS Kemenkumham 2017 ~ cpns.kemenkumham.go.id setelah heboh sebelumnya mengenai cetak kartu anteian yang pada akhirnya diperbolehkan verifikasi tanpa kartu, nah sekarang waktunya cek online hasil pengumuman kelulusan verifikasi tersebut. | Pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 | cpns.kemenkumham.go.id Pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 Dokter, S1, D3 dan SLTA.

Seleksi Administrasi 05 September di sscn.bkn.go.id [sudah] | Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2017 selain itu ada juga bukaan di 30 Kementerian, 30 Lembaga dan Provinsi Kaltara [sedang berlangsung], ada satu lagi cetak kartu ujian dan nomor antrian bagi yang lulus seleksi administrasi CPNS Kemenkumham 2017, cekidot ya.

PENGUMUMAN KEMENKUMHAM S1, D3 dan SLTA sudah ada, CEK DI BAWAH.

Sekarang yang terbaru adalah cek pengumuman verifikasi kelulusan pengecekan berkas asli oleh Kantor Wilayah Kemenkumham.

Nah selamat yang lulus dalam verifikasi berkas kali ini sebab sudah bisa dipastikan bagi yang lulus akan ikut serta dalam tes SKD CPNS 2017, nah untuk itu langsung saja cek nama-nama lulus verifikasi berkas di Pengumuman Verifikasi Berkas CPNS Kemenkumham 2017.

Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar Bagi Peserta Dengan Kualifikasi Pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Dan Sarjana Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2017 dapat di unduh dibawah ini :

HASIL SELEKSI KOMPETENSI DASAR BAGI PESERTA DENGAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS, DOKTER DAN SARJANA SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA TAHUN ANGGARAN 2017

Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar Bagi Peserta Dengan Kualifikasi Pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Dan Sarjana Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2017 dapat di unduh sesuai dengan Jabatan pada link berikut :

Pengumuman Hasil Verifikasi Dokumen Asli Dan Pengukuran Tinggi Badan Bagi Peserta Kualifikasi Pendidikan SLTA Sederajat Dan Diploma III Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2017 dapat di unduh dibawah ini :

HASIL VERIFIKASI DOKUMEN ASLI DAN PENGUKURAN TINGGI BADAN BAGI PESERTA KUALIFIKASI PENDIDIKAN SLTA SEDERAJAT DAN DIPLOMA III SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA TAHUN ANGGARAN 2017

Pengumuman Hasil Verifikasi Dokumen Asli Dan Pengukuran Tinggi Badan Bagi Peserta Kualifikasi Pendidikan SLTA Sederajat Dan Diploma III Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2017 dapat di unduh sesuai dengan Kantor Wilayah pada link berikut :
  1. Pengumuman CPNS Aceh ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  2. Pengumuman CPNS Bali ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  3. Pengumuman CPNS Banten ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  4. Pengumuman CPNS Bengkulu ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  5. Pengumuman CPNS D.I. Yogyakarta ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  6. Pengumuman CPNS DKI Jakarta ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  7. Pengumuman CPNS Gorontalo ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  8. Pengumuman CPNS Jambi ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  9. Pengumuman CPNS Jawa Barat ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  10. Pengumuman CPNS Jawa Tengah ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  11. Pengumuman CPNS Jawa Timur ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  12. Pengumuman CPNS Kalimantan Barat ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  13. Pengumuman CPNS Kalimantan Selatan ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  14. Pengumuman CPNS Kalimantan Tengah ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  15. Pengumuman CPNS Kalimantan Timur ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  16. Pengumuman CPNS Kepulauan Bangka Belitung  ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  17. Pengumuman CPNS Kepualuan Riau ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  18. Pengumuman CPNS Lampung ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  19. Pengumuman CPNS Maluku ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  20. Pengumuman CPNS Maluku Utara ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  21. Pengumuman CPNS Nusa Tenggara Barat ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  22. Pengumuman CPNS Nusa Tenggara Timur ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  23. Pengumuman CPNS Papua ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  24. Pengumuman CPNS Papua Barat ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  25. Pengumuman CPNS Riau ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  26. Pengumuman CPNS Sulawesi Barat ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  27. Pengumuman CPNS Sulawesi Selatan ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  28. Pengumuman CPNS Sulawesi Tengah ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  29. Pengumuman CPNS Sulawesi Tenggara ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  30. Pengumuman CPNS Sulawesi Utara ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  31. Pengumuman CPNS Sumatera Barat ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  32. Pengumuman CPNS Sumatera Selatan ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
  33. Pengumuman CPNS Sumatera Utara ( Pengumuman | Lokasi Ujian )
Oh iya cara cek tersebut harus akses online baik itu di website resmi Kemenkumham yakni cpns.kemenkumham.go.id maupun di website sscn.bkn.go.id yang mungkin saja saat pengumuman berlangsung akan mengalami kebanyakan pengunjung sehingga situs menjadi sulit diakses, harap bersabar karena sudah prosesnya memang begitu, layaknya waktu cetak nomor kartu antrian sebelumnya seperti cerita berikut mengenai cetak kartu ujian CPNS 2017.

Salam sobat pelamar Kemenkumham semua, selamat ya yang namanya termasuk dalam kelulusan seleksi administrasi CPNS Kemenekumham kemarin, nah sobat sudah tahu tentunya bagi yang lulus admministrasi wajib melakukan cetak kartu ujian SKD CPNS 2017 dan nomor antrian, caranya bagaimana?

Tidak sulit koq, pertama akses ke situs resmi pendaftaran CPNS, ada 2 yakni sscn.bkn.go.id (ini umum) kemudian ada cpns.kemenkumham.go.id (pelamar CPNS Kemenkumham 2017).

Di karenakan formaasi Kemenkumham banyak diminati maka bagi pelamar Kemenkumham yang ini Cetak Kartu Ujian CPNS Kemenkumham 2017 dan Nomor Antrian bisa langsung akses cpns.kemenkumham.go.id atau bisa cek info Website Resmi CPNS.

Lalu apa yang harus dilakukan? Simak gambar di bawah ini:


Pada kondisi normal tampilan situs seperti diatas, lalu langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya? Hati-hati Bagi Yang Belum Cetak Kartu Ujian SKD CPNS Kemenkumham 2017, Akibatnya Bisa Begini

Penjelasan Cetak Kartu Ujian CPNS Kemenkumham 2017 dan Nomor Antrian

Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS Kemenkumham bagi pelamar kualifikasi S2/S1 serta D3/SMA telah disiarkan sejak 5 September lalu lewat link resmi http://cpns.kemenkumham.go.id/. Bagi peserta yang dinyatakan lolos, akan menjalani tahap seleksi selanjutnya berupa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Namun, peserta yang lolos tahap administrasi seleksi CPNS Kemenkumham khususnya bagi pendaftar Dokter Spesialis, Dokter, S2, dan S1 harus mencetak kartu peserta ujian terlebih dahulu.

Ada alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan cek di website sscn.bkn.go.id fi kolom riwayat atau caranya adalah dengan masuk atau log-in dengan menggunakan NIK dan password yang sudah terdaftar lewat link ini: https://sscndaftar.bkn.go.id/riwayat.

Sembari menantikan seleksi CAT CPNS atau SKD CPNS Kemenkumham 2017 ternyata pemerintah membuka lowongan CPNS lagi di 61 Kementerian/Lembaga dan Provinsi yakni cek Info Resmi Pendaftaran CPNS 2017.

Periode untuk mencetak harus mencetak kartu peserta ujian pada 6-9 September 2017 melalui tautan di atas. Peserta yang telah mencetak kartu ujian wajib menempelkan pas foto berukuran 4x6 berlatar belakang warna merah sebanyak 2 buah.

Selanjutnya, peserta wajib melakukan registrasi dengan mengisi formulir pada laman http://cpns.kemenkumham.go.id/ untuk memperoleh Kartu Informasi Pelaksanaan SKD. Dalam kartu tersebut tercantum nomor absensi peserta, jadwal lokasi, dan tempat pelaksanaan tes kompetensi.

Tahapan Pemanggilan / Verifikasi Dokumen atau Berkas Asli

Para pelamar calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Hukum dan hak asasi manusia yang telah lolos seleksi administrasi wajib melaksanakan ujian selanjutnya yaitu tes seleksi kompetensi dasar.

Namun bagi pelamar lulusan SMA/D3 tahapan selanjutnya adalah Pemanggilan / Verifikasi Dokumen atau Berkas Asli , Pengukuran Tinggi Badan dan Pemberian Kartu Peserta Ujian pada tanggal 11 September - 16 September 2017, sedangkan untuk Formasi Sarjana melakukan Cetak nomor ujian secara online pada tanggal 6 September - 9 September 2017

Bagi calon pelamar CPNS Kemenkumham formasi Dokter spesialis, Dokter, S2, dan S1 harus melakukan cetak kartu peserta ujian ditanggal 6 - 9 September 2017 melalui portal resmi sscn.bkn.go.id, dimana pelamar wajib melakukan registrasi dengan mengisi formulir pada laman aplikasi cpns.kemnkumham.go.id untuk memperoleh kartu informasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahukah anda bahwa dalam kartu tersebut tercantum nomor absensi peserta, jadwal lokasi peserta, dan tempat pelaksanaan tes kompetensi. Nah untuk melakukan pengisian informasi pelaksanaan SKD disini : http://registrasi.kemenkumham.go.id/Cpns/lokasiS1

Disamping itu, Bagi para peserta CPNS Kementerian hukum dan HAM yang berkualifikasi Formasi SMA/D3 yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib melakukan verifikasi dokumen asli, pengukuran tinggi badan serta pemberian  Kartu Peserta Ujian, Tetapi, Pelamar hharus mencetak nomor antrian terlebih dahulu pada portal resmi cpns kemenkumham. Dengan mencetak nomor antrian maka peserta mendapatkan jadwal pelaksanaan verifikasi. Nah cara untuk mencetak nomor antrian disini : http://registrasi.kemenkumham.go.id/Cpns/antrianSMA

Tampilan Beda pada Situs cpns.kemenkumham.go.id

Kalau memang ternyata situs tidak bisa diakses karena down, maka tampilannya adalah sebagai berikut.

Lowongan Kerja CPNS Kemenkumham, Cara Cetak Kartu Informasi Pelaksanaan SKD (S1) dan Nomor Antrian (SMA/D3) Pada CPNS Kemenkumham. Pencetakan nomor antrean di laman http://cpns.kemenkumham.go.id pun hingga hari ini belum tersedia.

Namun bagaimana mau cetak ternyata halamannya tidak bisa diakses? Jangan khawatir ini hal yang wajar saat pengunjung situs mengalamui lonjakan namun setidaknnya bisa persiapkan apa saja yang dibutuhkan.

Nomor antrean yang sudah dicetak itu nanti dipakai untuk melakukan verifikasi. Peserta diwajibkan membawa dokumen asli Ijazah/STTB, Transkrip Nilai Ijazah/STTB (asli), KTP (asli), lembar bukti pendaftaran SSCN (fotocopy), pas foto 4x6 berlatar belakang merah 2 lembar.

Pelamar D3 dan SMA lulus verifikasi akan mendapatkan kartu peserta ujian yang akan diumumkan oleh panitia melalui http://cpns.kemenkumham.go.id/ dan https://sscn.bkn.go.id/ pada 22 September 2017. SKD bagi D3 dan SMA/Sederajat akan digelar 25 September-3 Oktober 2017.

Bagi yang belum cek Pengumuman Seleksi Adminitrasi CPNS Kemenkumham 2017 berikut

Jika anda sarjana yang baru mendaftar CPNS dan sudah mengikuti tes?. Anda wajib melihat hasil pengumuman seleksi administrasi CPNS kemenkumham 2017 disini.


Hasil seleksi administrasi CPNS kemenkumham 2017 tentunya sudah dinanti nantikan oleh para pendaftar, karena bagi mereka untuk mendaftar dan mengikuti tes butuh perjuangan, apalagi untuk mengetahui hasilnya, tentu membuat jantung berdebar, Indonesia sendiri membuka pendaftaran untuk para CPNS kemenkumham pada tanggal 1 Agustus 2017 sampai tanggal 31 Agustus 2017, untuk anda yang mau mengetahui jadwal hasil pengumuman seleksi administrasi  CPNS kemenkumhan 2017 dapat di lihat disini, berikut hasilnya:

Informasi Terbaru : Ada bukaan CPNS terbaru periode 2, cek Info Resmi Pendaftaran CPNS 2017 di 61 Kementerian/Lembaga dan Kaltara.

Hasil pengumuman seleksi administrasi CPNS kemenkumham 2017

Hasil pengumuman biasanya di lihat via internet karena bertujuan untuk memudahkan bagi mereka yang mengikuti tes, tes administrasi dilakukan dengan cara mengumpulkan beberapa data yang ditentukan oleh sebuah instansi yang ada, para penguji megecek data masing-masing secara rinci, berikut merupakan data yang harus dilengkapi:

Syarat pendaftaran kemenkumham dapat dilakukan dengan memenuhi beberapa syarat seperti surat lamaran yang harus diketik serta ditujukan kepada mentri hokum dan HAM dibubuhi pula dengan materai Rp 6000, fotokopi ijazah SD/SLTP/SLTA, tulis surat pernyataan bermaterai Rp 6000, jangan lupa pula pas foto 3 x 4 sebanyak 4 lembar, terakhir lampirkan lembar bukti pendaftaran online.

Syarat pendaftaran lingkungan MA
Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan di tanda tangani di atas materai Rp 6.000, ditunjukkan ke MA RI
Dokumen
Kartu pendaftaran registrasi
Fotokopi ijazah dan transkip nilai yang dilegalisir
Surat keterangan akreditasi BAN PT
Pas foto 4x6 sebanyak 4 lembar dengan latar berwarna merah dengan dituliskan nomor registrasi pendaftaran.
Berkas dimasukkan kedalam amplop warna coklat serta dibubuhi nomor pendaftaran registrasi di pojok kanan atas.

Untuk pengiriman pendaftar kemenkumham dapat dikirim melalui https://sscn.bkn.go.id. Sedangkan pengiriman di lingkungan MA dapat dikirim ke panitia seleksi penerimaan calon hakim MA RI melalui PO BOX 2700 Jakarta 10027.

Para pendaftar harus memperhatikan jadwal kegiatan supaya tidak salah dalam melakukan tes dan sebagainya. Untuk rincian jadwal kegiatannya:
Pengumuman dilakukan pada tanggal 11 Juli 2017 sampai 31 Juli 2017
Pendaftaran yang dilakukan secara online tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2017
Untuk mengetahui hasil pengumuman seleksi administrasi dapat di lihat pada tanggal 5 September sampai 6 September 2017
Cetak nomor ujian secara online pada 6 September sampai 9 September 2017
Seleksi kompetensi dasar dilihat tanggal 11 September hingga 16 September 2017. Pengumuman seleksi kompetensi dasar (CAT) dilakukan 4 hari setelah seleksi yaitu pada tanggal 20 september sampai 9 oktober
Untuk seleksi kompetensi bidang (CAT) tanggal 9 Oktober hingga 11 Oktober 2017
Seleksi kompetensi bidang praktik dilakukan pada 12 Oktober sampai 11 Oktober 2017
Tahap terakhir yaitu seleksi kompetensi bidang praktik computer tanggal 16 Oktober sampai 19 Oktober 2017
Pengumuman online kelulusan dilakukan setelah seleksi terakhir pada tanggal 9 November 2017
Pemberkasan terakhir dilakukan jika sudah dinyatakan lulus seleksi yaitu tanggal 13 November sampai 16 November 2017

Hal yang harus di perhatikan dalam melakukan seleksi administrasi adalah menyiapkan berkas-berkas seperti halnya surat lamaran yang diminta, diantaranya adalah ijazah, fotokopi identitas, umur, sertifikat keahlian, SKCK, surat keterangan sehat dari dokter, dll.

Jika semua sudah dipersiapkan dengan baik, maka jangan lupa untuk mengirimkannya via online ke https://sscn.bkn.go.id  Untuk mencetak nomer pendaftaran akan dapat di download online pula.
Sebelum melakukan seleksi administrasi, berikut yang harus anda perhatikan.

5 langkah supaya anda lolos pengumuman  seleksi administrasi CPNS kemenkumham 2017:

1. Lengkap

Dalam artian semua dokumen harus lengkap, sebelum melakukan pengiriman anda harus lebih teliti lagi, semua data harus asli, karena keaslian dapat dilihat dengan kejujuran anda, sebuah instansi juga membutuhkan orang-orang yang jujur pula. Pengumpulan berkas sebaiknya berkas yang baru, seperti halnya SKCK, KTP, identitas diri, dll. Ketiga ketentuan tersebut harus diperhatikan dengan baik, karena sangatlah berpengaruh dengan penilaian jika tidak diperhatikan dengan seksama.

2. Informasi yang jelas

Biasanya dalam melakukan sebuah pendaftaran dialakukan pengisian CV (curriculum vitae), anda harus mengisinya dengan jelas jangan bertele-tele, langsung dengan tujuan saja. Untuk nomor telephon atau alamat harus dicantumkan dengan baik dan benar. Terkadang banyak yang menyepelekan hal ini, sehingga membuat tugas kebingungan jika nomor telephon dan alamat kurang jelas dan lengkap.

3. Susun sesuai urutan

Pengiriman yang dilakukan secara online harus disusun secara rapih, karena hal tersebut akan mempermudah dalam pengecekan, tidak hanya susunannya yang rapi namun dalam penulisan surat lamaran harus menarik dan mudah dipahami pula untuk dibaca. Sehingga tidak membuat bosan bagi pembaca.

4. Cantumkan pengalaman anda

Anda dapat menulisnya di CV, tulis pengalaman anda semenarik mungkin karena dengan pengalaman yang baik kemungkinan akan menambah poin anda.

5. Foto

Ingat, hal ini sering terjadi karena lupa menempelkan pas foto, ini akan mengakibatkan kefatalan bagi diri anda, sehingga anda harus lebih teliti sebelum melakukan pengiriman berkas.

Pengumuman  seleksi administrasi CPNS kemenkumham 2017 dapat di lihat setelah melaksanakan pengumpulan berkas-berkas yang diperlukan, langkanya sebagai berikut:
1. Masuk dalam web https://sscn.bkn.go.id
2. Masukkan akun anda
3. Cari informasi tentang pengumuman seleksi administrasi
4. Jika sudah ketemu, klik pengumuman
5. Setelah pengumuman muncul, bagi yang lolos harus memnuhi langkah selanjutnya.

Pencetakan nomor pendaftaran dapat dilakukan setelah dinyatakannya lulus dalam seleksi administrasi, biasanya kalau mendaftar bukan melalui online, untuk pengumuman administrasi akan diberitahukan secara langsung oleh pihak yang meneliti.

Seleksi kompetensi dasar dilakukan dihari selanjutnya, dalam tes tersebut anda harus benar-benar teliti. Soal biasanya sejumlah 50-100 butir, juka anda tidak bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya maka anda akan menyesal jika anda gagal, perhatikan hal-hal dibawah ini.

Berikut tips untuk menghadapi seleksi:
Istirahat dengan cukup dan jaga stamina tubuh agar tetap vit
Siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan
Belajarlah dengan baik
Mintalah do’a restu kepada kedua orangtua
Datanglah tepat waktu

Dilaksanakannya pengumuman seleksi kompetensi dilakukan 4 hari setelah tes seleksi, dalam kurung waktu tersebut anda harus banyak berdo’a dikarenakan anda sedang bersaing dengan ribuan orang yang terdaftar.

Jika anda lolos dalam seleksi kompetensi, yang harus anda lakukan adalah mengikuti tahap selanjutnya, yaitu:

1. Seleksi bidang (CAT)

Peserta yang lulus dalam seleksi kompetensi dasar akan melakukan tahap ini, namun bagi mereka yang belum siap dalam melakukannya ada beberapa pilihan. Diantaranya praktik kerja, tes fisik, psikologis, kesehatan, tes kejiwaan dll.

2. Seleksi kompetensi bidang praktik computer

Karena tekhnologi sudah canggih, tentunya kita tidak boleh ketinggalan zaman, seleksi computer biasanya bertujuan untuk mengetahui pengetahuan anda mengenai tekhnologi.

3. Seleksi kompetensi bidang wawancara

Wawancara yang biasa diajukan adalah mengenai integritas diri anda, pengetahuan, semangat dalam kreativitas dan inovasi.

Seusai melakukan tahapan diatas anda dapat melihat pengumuman kelulusan akhir pada tanggal 9 November 2017, anda dapat melihat via online. Bagi yang sudah dinyatakan lulus untuk tahap selanjutnya, anda harus melakukan pemberkasan tahap akhir. Syarat pemberkasan akhir dapat di input melalui https://sscn.bkn.go.id. Jika sudah menginput anda harus log in dan mengisi beberapa data yang sudah ada, kemudian lakukan langkah yang diperintahkannya.

Informasi mengenai pengumuman seleksi administrasi CPNS kemenkumham 2017 di atas di tulis guna menginformasikan kepada anda secara rinci dan jelas.

cpns.kemenkumham.go.id | CPNS Kemenkumham 2017 Daftar Online di cpns.kemenkumham.go.id, cara termudah mengunjunginya adalah dengan cari web utama Kemenkumham, oleh karena itu disini kami akan berikan langkah pendaftaran online CPNS Kemenkumham di website pendaftaran cpns.kemenkumham.go.id, simak selengkapnya di "CPNS Kemenkumham 2017 Langkah Pendaftaran Online di cpns.kemenkumham.go.id"

cpns kemenkumham pendaftaran baru

Pendaftaran CPNS 2017 19.210 Formasi Resmi Dibuka Panselnas Menpan, Menpan.go.id ~ Selasa, 11 Juli 2017 melalui website resmi Kemenpan di menpan.go.id resmi mengumumkan bukaan CPNS 2017, ada 19.210 Formasi yang terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM, ditambah lagi putra/putri Papua dan Papua Barat lulusan cumlaude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang.

Informasi ini diumumkan saat konferensi pers yang dihadiri oleh Menteri PANRB Asman Abnur, Kepala Badan Urusan Administrasi MA Aco Nur, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja, dan Sekretaris Jenderal Kemenkum HAM Bambang Rantam Sariwanto yang membahas tenntang pembukaan pendaftaran CPNS di Jakarta, Selasa (11/07).

Kemenkumham akan segera memulai pendaftaran CPNS 2017 yang penerimaan dilakukan secara online melalui website resmi Kemenkumham di cpns.kemenkumham2017.go.id, mari simak informasi terbaru selengkapnya berikut dalam ulasan Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017 Online  di cpns.kemenkumham.go.id

cpns 2017


Kemenkumham atau Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia merupakan salah satu kementerian yang pendaftaran CPNS-nya dinantikan oleh para calon pelamar CPNS baik itu CPNS 2017 maupun 2018, oleh karenanya berikut akan dibahas info lebih lanjut mengenai Pendaftaran Online CPNS Kemenkumham 2017/2018.

Adapun 2 formasi yang dibuka adalah semua untuk mengisi jabatan terkait penegakan hukum yakni :
Alasan dibukanya antara CPNS MA 2017 dan juga CPNS Kemenkumham adalah jumlah pegawai yang memasuki batas usia pensiun ditambah dengan peningkatan beban kerja di 2 instansi tersebut.

Untuk MA berjumlah 1.685 formasi calon hakim yang akan dibagi pada :
  • Calon hakim peradilan umum,
  • Calon hakim peradilan agama dan
  • Calon hakim peradilan tata usaha negara.
Adapun kualifikasi yang dibutuhkan adalah
  • sarjana hukum,
  • sarjana syariah dan
  • sarjana hukum Islam.
Sedangkan formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan, mulai dari Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) hingga analis keimigrasian. “Kuota untuk penjaga Lapas mencapai empat belas ribu, dengan kualifikasi lulusan SLTA sederajat yang menguasai komputer,” ujar Menteri Asman dalam jumpa pers di kantor Kementerian PANRB, Selasa (11/07).

Dari kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.962 kursi, 14.000 diantaranya untuk jabatan penjaga lapas atau sipir, dan 2.278 analis keimigrasian. Untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Informasi mengenai rekruitmen CPNS ini dapat dilihat di situs
a. Situs Kementerian PANRB: www.menpan.go.id
b. Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id
c. Situs Mahkamah Agung: https://www.mahkamahagung.go.idhttp://badilum.mahkamahagung.go.idhttp://badilag.mahkamahagung.go.idhttp://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/
d. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id

Seperti halnya seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui SSCN BKN Mulai tanggal 1 – 31 Agustus.

Seperti tahun sebelumnya, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Menteri Asman menegaskan, pelaksanaan seleksi CPNS ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya, sehingga tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. Setelah selesai ujian, peserta akan langsung mengetahui nilainya. “Jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. Jangan mau menjadi korban percaloan,” ujarnya.

Info CPNS Kemenkumham Sebelumnya

Di dalam pemerintahan Kemenkumham menempati peringkat ke-12 dari 34 Kementerian yang ada dari segi anggaran yakni 9.531,9 miliar rupiah oleh karenanya jika saja ada kekosongan di Instansi yang terbentuk pada 19 Agustus 1945 ini tentu perekrutan akan dilaksanakan setelah mengikuti prosedur analisa kebutuhan pegawai agar bisa membuka pendaftaran kemenkumham online.

pendaftaran cpns kemenkumham

Lalu kapan sebenarnya penerimaan CPNS kemenkumham 2017 itu dimulai? Bila coba mencari informasi seputar pendaftaran kemenkumham 2017 maka yang ditemukan adalah kabar heboh yang viral dalam beberapa hari terakhir.

Isinya kurang lebih mengenai formasi CPNS Kemenkumham 2017 disertai dengan jadwal tes seleksi CPNS online Kemenkumham, disana tertera 27 Juli - 28 Agustus 2017.

Benarkah jadwal pendaftaran CPNS kemenkumham 2017 tersebut? setelah diklarifikasi ke pihak Kemenkumham ternyata itu kabar palsu bukan dari instansi kemenkumham yang dibuat oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Mengapa demikian? Kenapa ada kabar yang palsu seperti itu yang sepintas bila tidak diperhatikan dengan seksama kelihatannya asli.

Ada beberapa kemungkinan kabar pendaftaran kemenkumham online dibuat heboh, pertama akan membuka celah untuk oknum calo CPNS mencari korbannya, dengan adanya bukaan tes CPNS maka calon korban akan mudah digoda untuk bisa lulus CPNS dengan jalan pintas dan sejumlah uang sebagai imbalan.

Alasan yang kedua, bisa jadi ini merupakan suatu protes kepada pemerintah untuk bisa segera melakukan penambahan pegawai baru di tahun 2017 terutama CPNS Kemenkumham 2017.

Selain itu mungkin saja ada alasan lain yang memang menguntungkan pihak tertentu dengan adanya kabar heboh ini, untuk itu tetap waspada serta bersikap bijak dalam menerima setiap informasi yang ada termasuk info mengenai pendaftaran CPNS.

cpns.kemenkumham.go.id 2017 Situs resmi Pendaftaran Kemenkumham Online

Persiapan menjelang bukaan CPNS Kemenkumham online tahun 2017 maka disini kami akan berbagi mengenai website resmi yang bisa dijadikan referensi dalam mencari info valid tentang CPNS kemenkumham 2017 dan tahun-tahun berikutnya.

Adapun situs yang dimaksud adalah cpns.kemenkumham.go.id, memang pada saat tes kemenkumham CPNS online belum dibuka secara resmi, alamat url tersebut tidak bisa diakses namun jangan khawatir sebab nanti bila waktunya tidak seleksi CPNS online kemenkumham akan melalui alamat itu, atau pastikan info terbaru CPNS kemenkumham di Cara Pendaftaran CPNS Kemenkumham.

Info CPNS Kemenkumham Terbaru 2017

Setiap CPNS yang diterima menjadi pegawai Kemenkumham haruslah melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Peraturan Presiden Nomor 24 tahun 2010 meliputi :
  1. Perumusan, penetapan dan pelaksanaan kebijakan di bidang hukum dan hak asasi manusia;
  2. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia;
  3. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia;
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di daerah;
  5. Pelaksanaan kegiatan teknis yang berskala nasional; dan
  6. Pelaksanaan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah.
Selain itu hal lain yang berkaitan dengan tugas dari Kemenkumham adalah memberikan status WNI yang pernah terjadi pada Menteri Archandra yang mana kemudian beliau diberhentikan secara hormat dari jabatan menteri karena dinilai bukan brkewargaan Negara Indonesia.

Lalu bagaimana dengan CPNS Kemenkumham Online 2017 ini? Sebelumnya Kemenpan telah mengumumkan bahwa tidak ada penerimaan CPNS Kemenkumham di tahun 2016, namun di masa pemerintahan Menpan Yuddy yang dilansir Merdeka.com bahwa usulan formasi untuk Kemenkumham adalah 11.000 formasi.

"Dari 11.000 pegawai yang diminta KemenkumHAM, paling tidak separuhnya dulu akan dipenuhi," kata Menteri Yuddy usai melakukan telekonferensi di Ruang Kontrol Kementerian Hukum dan HAM seperti dilansir Merdeka dari Antara, Jakarta, Selasa (17/5).

Keputusan mengenai usulan ini belum ditentukan sepenuhnya sebagaimana kebijakan harus didasarkan pada pertumbuhan pegawai di Kemenkumham dan pada kenyataannya hingga menjelang akhir tahun masih berstatus "zero growth" atau tidak banyak yang pensiun.

Kebijakan moratorium menjadi dasar aturan dalam perekrutan CPNS Kemenkumham baik itu di tahun 2016 maupun 2017 yang akan datang, dan disebutkan pengecualian moratorium CPNS adalah di bidang kesehatan, pendidikan, penegak hukum, dan sektor lain yang berhubungan dengan program Nawacita.

Penambahan pegawai yang paling dibutuhkan adalah di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan imigrasi di lingkungan KemenkumHAM termasuk dalam sektor penegak hukum yang dikecualikan dalam moratorium karena memang di lapangan jumlah pegawai dengan warga binaan khusus untuk pegawai lapas masih belum seimbang, seluruh lapas di Indonesia berkapasitas maksimun 120.000 warga binaan, namun pada kenyataannya dihuni 190.000 warga binaan.

Sebagai contoh, di Lapas Kupang Nusa Tenggara Timur sekitar 400 warga binaan dijaga oleh tiga petugas lapas. Di Lapas Cikarang Jawa Barat sekitar 600 warga binaan dijaga oleh tiga petugas lapas.

Dan bilamana memang nantinya pendaftaran online CPNS Kemenkumham dibuka maka secara resmi pengumuman itu akan dipublish di website resmi Kemenkumham yang beralamat di kemenkumham.go.id.

Ingat hanya di kemenkumham.go.id maka selain dari alamat itu bukan merupakan info resmi atau dengan kata lain kabar palsu, adapun info penerimaan dan pendaftaran CPNS resmi lainnya termasuk Kemenkumham tentu akan juga dimuat di laman menpan.

Bagi yang memang telah memenuhi persyaratan untuk dapat mengikuti tes Pendaftaran CPNS Kemenkumham maka bisa melakukan proses dan langkah-langkah pendaftarannya dimulai dari melakukan registrasi online di website regpanselnas.menpan.go.id dan baca petunjuk pendaftarannya di Regpanselnas Menpan Pendaftaran CPNS.

Disana kita akan mendaftarkan email, kemudian mengisi data sesuai dengan yang diminta lalu pendaftaran tahap awal ini dinyatakan berhasil bila cek email dan ada balasan yang berasal dari Panitia CPNS berupa username dan password.

Sampai disini sudah melewati tahap pertama dan kemudian di tahapan kedua adalah menggunakan username dan password tadi untuk mendaftarkan diri sebagai peserta tes CPNS di website SSCN.bkn.go.id

Setelah login nantinya akan diberikan formulir pendaftaran yang wajib langsung diisi sesuai dengan data sebenarnya, dan pada saat proses pemilihan instansi jangan lupa dengan memilih CPNS Kemenkumham 2017, kemudian lanjutkan Pendaftaran Online CPNS Kemenkumham.

cpns.kemenkumham.go.id Pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 Dokter, S1, D3 dan SLTA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CPNS Guru