Kamis, 29 September 2016

Info Pendaftaran CPNS Terbaru 2016/2017

Panselnas Menpan CPNS ~ Info Pendaftaran CPNS Terbaru 2016/2017 | Menpan Asman berpesan bahwa pesai berantai yang beredar melalui BBM dan SMS itu tidak benar dan pengumuman resmi CPNS baru akan diumumkan pada pekan depan.

"Satu minggu lagi akan diumumkan proses finalisasi. Tapi kalau untuk formasi kesehatan, pendidikan, guru garis depan kan masih buka, tidak ada moratorium," ujar MenPAN RB Asman Abnur dalam acara Media Gathering di Mason Pine Hotel, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/9/2016) malam.


Akhir-akhir ini ada beberapa masalah penyebaran informasi melalui pesan instan dan hal ini membuat resah karena kebenarannya masih belum bisa dipertanggung jawabkan, bahkan telah banyak beredar dan menjadi viral mengenai penerimaan CPNS yang diklaim akan diselenggarakan mulai awal bulan Oktober ini.

Perlu diketahui setiap info resmi yang berkaitan dengan tes CPNS baik itu jadwal, formasi dan pengumuman lainnya yang berhak dan berwenang dalam penentuan hal tersebut adalah Panselnas (panitia CPNS) yang beranggotakan Menpan dan jajarannya oleh karena info yang paling resmi dan bisa dijadikan referensi hanyalah yang berasal dari website resmi Menpan dan BKN, yang lebih lanjut bisa dilihat di Panselnas Menpan dan SSCN BKN.

Meski moratorium diberlakukan bukan otomatis tidak ada penerimaan sama sekali sebab dari 4,5 juta PNS yang ada di Indonesia akan mengalami penurunan karena pensiun setiap tahun kurang lebih 100.000 orang dan persebarannya tidak merata.

"Saya masih menunggu satu tahapan. Berapa jumlah yang pensiun sesuai kebutuhan masing-masing, sesuai kemampuan APBN. Papua, Kaltara masih terbuka, tapi tetap hitung-hitungan dulu," jelas Menpan.

Menpan menyebutkan bahwa daerah yang memiliki jumlah pegawai yang tinggi sudah tentu akan menggunakan APBD untuk belanja pegawai yang tinggi pula oleh karenanya maka untuk daerah yang berada diatas 50% diatas anggaran untuk belanja daerah tidak diperbolehkan melakukan perekrutan CPNS bahkan ada daerah yang mencapai 80% dari APBD untuk belanja pegawai.

Seperti yang dilansir oleh Metrotvnews.com Menteri Asman menyatakan bahwa dari total PNS sekira 4,5 juta, rata-rata terdapat 100 ribu yang pensiun setiap tahun. Apakah pensiun karena batas usia ataupun karena berhalangan tetap.

Namun, kata Asman, pihaknya juga tetap menganalisa kebutuhan masing-masing instansi pemerintahan. Begitupun dengan kemampuan anggaran.

"Jadi sementara ini, saya masih menunggu finalisasi itu. Mudah-mudahan akhir bulan ini saya akan beritahukan kebijakan penerimaan ASN atau PNS ini," lanjut Asman.

Asman menambahkan, pihaknya juga memerhatikan porsi APBD untuk belanja pegawai. Asman menjadikan itu sebagai dasar penerimaan ANS ke depan.

"Coba bayangkan, ada satu daerah belanja pegawainya sampai 80 persen. Nanti akibatnya, bupati, wali kota waktu kampanye, janjinya juga banyak. Terus kalau dana APBD habis untuk belanja pegawai saja, kira-kira janjinya bisa dipenuhi enggak? Kan repot juga bupatinya. Nah ini, salah satu yang sedang kita kaji," beber Asman.

Asman sudah menerima paparan dari jajarannya terkait daerah yang belanja pegawainya ditandai dengan warna 'merah'. Artinya porsi belanja pegawainya sebesar 60 persen ke atas.

"Kalau sudah kita buka datanya, boleh dimuat (diberitakan). Enggak apa-apa. Ideal itu sebenarnya di bawah 50 persen. Kalau di bawah itu, kalau ada penambahan pegawai akan kita pertimbangkan, membuka formasinya," pungkas Asman.

Sedangkan untuk pesan berantai yang menyebar luas dan viral di media sosial juga pesan instan bukan merupakan info resmi CPNS karena info resmi yang dimaksud baru akan dipublikasikan pada pekan depan.

"Insyallah satu minggu lagi saya umumkan. Karena sekarang ini sedang finalisasi," kata Asman di kawasan Kota Baru Parahyangan, Bandung, Kamis (29/9/2016).

Memang banyak info terbaru tentang CPNS ini, diantaranya :

  1. Info Jadwal CPNS Terbaru
  2. Berikut Detail Lowongan CPNS
  3. Regpanselnas Menpan Pendaftaran CPNS
  4. Pengumuman CPNS Kemenkumham
Sebenarnya masih banyak info terkait pendaftaran CPNS 2016 dan terus pantau perkembangan info CPNS ini agar tidak ketinggalan informasi salah satunya dengan cek terus pembaruan terbaru dari Panselnas Menpan CPNS, terima kasih.
>> Info CPNS

Info Pendaftaran CPNS Terbaru 2016/2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CPNS Guru