Rabu, 21 September 2016

Info Terbaru CPNS 2016, Penghematan Anggaran Masih Berlangsung

Panselnas Menpan ~ Info Terbaru CPNS 2016, Penghematan Anggaran Masih Berlangsung | Tidak adanya bukaan CPNS pelamar umum telah menimbulkan pertanyaan besar mengenai info CPNS terbaru tahun 2016 dan jadwal CPNS masih ramai dicari oleh para calon pelamar CPNS hingga saat ini bahkan banyak yang terjebak dalam informasi menyesatkan yang dibuat oleh pihak tak bertanggung jawab.

Namun sayang tidak adanya bukaan CPNS itu bukanlaah karena diskriminasi terhadap kesempatan menjadi PNS bagi calon pelamar tahun ini melainkan semua memang beralasan dengan kondisi negara saat ini, pemerintah tengah fokus pada pembangunan infrastruktur sehingga tidak fokus pada penambahan pegawai.

info terbaru cpns

Sebagai contoh saja baru-baru butuh dana besar, Dilaporkan bahwa program 100% sanitasi, 0% kawasan kumuh, dan 100% air minum atau yang dikenal dengan Program 100-0-100 pada tahun ini terancam menurun dari 2% per tahun, akibat pemotongan anggaran tahap dua senilai total Rp 6,9 triliun.

Data Kementerian PUPR menyebutkan, penghematan anggaran Ditjen Cipta Karya pada 2016 sebesar Rp 1,5 triliun terdiri dari penghematan Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) senilai Rp 537 miliar, Direktorat Bina Penataan Bangunan (BPB) Rp 317 miliar, Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) sebesar Rp 239 miliar, Direktorat Pengembangan SPAM sebesar Rp 320 miliar.

Sementara, Setditjen sebesar Rp. 9,25 miliar, dan Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman sebesar Rp 6,44 miliar, serta BPPSPAM sebanyak Rp 70 miliar.

Sedangkan program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dengan anggaran Rp900 miliar yang semula akan disalurkan ke 600 kecamatan di seluruh tanah air pada tahun ini, berkurang menjadi 364 kecamatan yang sudah terkontrak, sementara sisanya sebanyaj 236 kecamatan ditunda hingga tahun depan.

Program penataan kawasan kumuh yang termasuk dalam target 100-0-100 itu menghibahkan dana senilai Rp1,5 miliar ke kecamatan yang telah ditentukan untuk membangun infrastruktur penunjang desa seperti jembatan, atau jalan desa.

Lalu kabar baiknya adalah Salah satu hal yang disepakati dalam rapat terbatas tentang Perkembangan APBN-P Tahun 2016 yaitu pemerintah tidak akan lagi melakukan pemangkasan anggaran sampai akhir tahun ini, antara lain :


  • Saat ini, KemenPUPR telah menghemat anggaran sebesar Rp8,4 triliun pada penghematan anggaran I, dan Rp6,9 triliun pada penghematan anggaran II sepanjang tahun ini.
  • Mei lalu, Presiden Jokowi telah meneken Inpres yang berisi penghematan anggaran K/L TA 2016 senilai Rp 50,02 triliun dari total alokasi anggaran K/L Rp784,1 triliun.
  • Pada Agustus, Presiden kembali meneken Inpres ke-2 tentang penghematan anggaran senilai Rp64,7 triliun. Dalam Inpres ini, Presiden juga mengurangi dana transfer daerah sebesar Rp68,8 triliun.

Presiden menginstruksikan agar penghematan dilakukan terhadap belanja honorarium, perjalanan dinas, paket meeting, langganan daya dan jasa, honorarium tim/kegiatan, biaya rapat, iklan, operasional perkantoran lainnya, pemeliharaan gedung.

Ada pula peralatan kantor serta pembangunan gedung kantor, pengadaan kendaraan, sisa dana lelang dan/atau swakelola, anggaran dari kegiatan yang belum dikontrakkan atau yang tidak akan dilaksanakan hingga akhir tahun, serta kegiatan yang tidak mendesak atau dapat dilanjutkan (carry over) ke tahun anggaran berikutnya.

Dari data demikian maka untuk pelaksanaan CPNS yang memakan dana besar dalam proses pelaksanaannya sehingga tidak bisa dilaksanakan di tahun ini kecuali pada formasi tertentu yang memang sangat dibutuhkan, untuk perkembangan info jalur khusus pada CPNS 2016 yang tengah berlangsung antara lain.

  1. CPNS Bidan PTT yang sedang menanti pengumuman bidan PTT.
  2. Begitu juga CPNS Kementerian Pertanian, cek Pengumuman CPNS Pertanian.
  3. Satu lagi yakni Pengumuman Guru GGD
Untuk perkembangan info terbaru CPNS baru akan dibahas kembali pada tahun 2017 yang akan datang.
>> Info CPNS

Info Terbaru CPNS 2016, Penghematan Anggaran Masih Berlangsung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CPNS Guru