Rabu, 28 September 2016

Panselnas Menpan Kaji Ulang Moratorium, Ada Harapan Tes CPNS

Panselnas ~ Menteri baru kebijakan baru, namun dalam hal menemukan solusi maka Menteri baru menjadi harapan baru bagi para calon pelamar tes CPNS yang sudah lama dan masih setia menunggu bukaan tes CPNS 2016, dan kabar terbaru Panselnas Menpan Kaji Ulang Moratorium, Ada Harapan Tes CPNS.

Harapan terbesar bagi kita semua adalah adanya bukaan CPNS pelamar umum, tapi hingga kini harapan itu tak kunjung terwujud hingga Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur, mengaji ulang program moratorium penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diprogramkan MenPAN-RB sebelumnya, Yuddy Chrisnandi.

menpan asman

Dari hasil kajian ulang yang dilakukan maka Menpan Asman kini tengah melakukan pendataan mendalam terhadap jumlah PNS, kebutuhan dan kualifikasi yang ada. Jadi nantinya PNS yang ada akan dianalisa, dari hasil analisa itu barulah diketahui daerah tersebut bisa menerima pegawai baru atau tidak.

"Kami masih data lagi jumlah PNS, kualifikasi dan formasinya, setelah itu baru kami ambil kebijakannya," ujar Menpan setelah menghadiri evaluasi akuntabilitas kinerja Provinsi Jatim di Surabaya, Selasa (2/8).

Pengkajian juga turut dilakukan oleh Panselnas dengan poin yang terpenting didalamnya adalah tentang mendeskripsikan kebutuhan dan peluang PNS, agar kebijakan yang diambil akurat. Ini demi proses peningkatan kualitas pegawai hasil rekrutan dan memang mengisi kekosongan bukan malah menambah penumpukan pegawai di suatu formasi.

"Saya masih empat hari kerja, jadi semuanya masih pendalaman data," ungkapnya.

Kebijakan moratorium atau penghentian sementara pengangkatan PNS ditempuh karena jumlah PNS telah mencapai kurang labih 4.517.000 pegawai. Bahkan sebelumnya sempat ada wacana untuk pemangkasan 1.000.000 PNS hingga 2020 namun akhirnya kebijakan itu diubah dengan pembatalan pemangkasan jumlah PNS dengan melakukan secara otomatis pada pegawai yang pensiun setiap tahun.

Dengan jumlah itu, rasio kepegawaian terhadap jumlah penduduk secara nasional ada pada angka 1,77.  Sementara itu, banyak daerah yang rasio kepegawaiannya terhadap jumlah penduduk setempat tidak normal yakni mencapai angka 2,5 -3. Dengan rasio yang tinggi, maka belanja anggaran pegawainya juga akan membengkak tinggi.

Bila nanti benar akan diadakan seleksi CPNS sesuai dengan Pengumuman CPNS yang telah diterbitkan maka proses seleksi dimulai dari Pendaftaran CPNS dengan melakukan registrasi di Regpanselnas Menpan kemudian baru login untuk mengisi formulir di Situs BKN atau SSCN BKN. >> Info CPNS

Panselnas Menpan Kaji Ulang Moratorium, Ada Harapan Tes CPNS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CPNS Guru