Jumat, 10 Maret 2017

Formulir Pendaftaran Panselnas CPNS Menpan 2017 Terbaru

PanselnasMenpanCPNS.Com ~ Formulir Pendaftaran Panselnas 2017 | Meski pendaftaran CPNS di Panselnas telah berlangsung dalam beberapa hari namun yang masih mengganjal adalah bagaimana cara isi formulir pendaftaran Panselnas tersebut, sehingga disini kami akan menyampaikan yang berkaitan dengan Formulir Pendaftaran Panselnas CPNS Menpan 2017 Terbaru.

Penyelenggaraan CPNS memang begitu ditunggu banyak orang dan kabar pengumuman yang dimuat oleh website resmi Panselnas 2017 tentang bukaan sekolah kedinasan yang merupakan milik dari kementerian/lembaga menjadi harapan baru akan bukaan CPNS 2017.

Semua perhatian calon pelamar CPNS mengarah kesana oleh karenanya tentu cara pendaftaran menjadi hal yang paling utama dicari. Dalam beberapa hari terakhir ternyata masih banyak yang bingung mengenai proses pendaftaran ini.

Dimulai dari perubahan sistem sekarang yang semuanya secara daring (dalam jaringan) maka tidak hanya sekedar internet saja yang dibutuhkan melainkan juga pengetahuan mengenai penggunaan internet itu sendiri.

Dalam sistem Daring maka semua proses merujuk ke satu laman resmi seperti halnya pendaftaran CPNS 2017 yang merujuk pada website Panselnas maka sudah tentu formulir pendaftaran yang dicari juga merujuk pada website Panselnas tersebut.

Hanya saja bagi yang masih bingung dan juga baru pertama kali mengakses halaman panselnas resmi masih bingung dimana letak formulir pendaftaran itu sehingga menjadi bingung juga dalam melakukan proses pendaftaran padahal waktu terus berjalan dan sesi pendaftaran akan berakhir pada 31 Maret mendatang.

Secara mudah untuk bisa mengunjungi situs milik Panselnas cukup dengan membuka browser di komputer/laptop yang terkoneksi dengan internet lalu masukkan di address bar url panselnas.id kemudian enter.

Tunggu beberapa saat maka laman akan dimuat sempurna jika koneksi lancar dan server panselnas stabil, diluar keadaan normal itu maka beberapa waktu cukup sulit mengakses bila sedang terjadi gangguan.

Hal pertama yang dijumpai pada web resmi Panselnas adalah peringatan bertanda merah dengan tulisan "Pendaftaran Telah Dibuka, Harap Membaca dengan Teliti !", artinya calon peserta diminta untuk membaca dengan teliti apa yang tertera pada pengumuman yang dimuat oleh website Panselnas tersebut.

Dibawahnya ada 2 bagian yang surat pengumuman yang bisa langsung di print out jika ingin membacanya secara offline dan satu lagi yakni info tambahan mengenai tata cara Pendaftaran yang isinya seperti berikut.

PENTING :
  1. PENDAFTARAN PESERTA SECARA ELEKTRONIK : Untuk melakukan pendaftaran secara elektronik, calon peserta seleksi wajib mempersiapkan:
    • Alamat E-Mail (surat elektronik) yang masih berlaku;
    • NIK (Nomor Induk Kependudukan) calon peserta seleksi, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga  yang  tercantum dalam Kartu Keluarga;
    • Data-data lainnya yang ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas (dapat dilihat di menu Unduh).
  2. PENDAFTARAN DUA TAHAP : Pendaftaran awal di Portal PANSELNAS (www.panselnas.id) dilanjutkan dengan pendaftaran di portal masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas yang dipilih oleh peserta.
  3. PENDAFTARAN HANYA DI SALAH SATU LEMBAGA/SEKOLAH IKATAN DINAS: Calon peserta seleksi diberikan kesempatan untuk mendaftar hanya di salah satu instansi sesuai dengan pilihannya. Pilihan tersebut tidak dapat diubah dengan alasan apapun.  Oleh karena itu, pertimbangkan benar-benar sebelum melakukan proses pendaftaran.
  4. SELEKSI : Seleksi/tes dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan selanjutnya  terdapat seleksi/tes lainnya  yang  ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas.
  5. PENGISIAN DATA: Semua informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran harus berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan.  Apabila tidak benar, yang bersangkutan dapat dinyatakan gugur dan tidak akan diproses lebih lanjut.
  6. PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN: Masing-masing Kementerian/Lembaga yang memiliki Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas mempunyai persyaratan khusus. Untuk itu, harap calon peserta seleksi membaca secara cermat dan teliti sebelum memutuskan mendaftar / memilih salah satu Lembaga / Sekolah Ikatan Dinas.
Apabila Saudara sudah memahami,  dapat melanjutkan ke halaman "ALUR PENDAFTARAN".

Nah dibagian akhir ada pernyataan mengenai alur pendaftaran, perlu diketahui bahwa alur pendaftaran yang dimaksud yakni sebagai berikut.

panselnas cpns menpan

Dari gambar pada alur pendaftaran bisa dilihat bahwa proses diawali dengan tahap pertama yakni mengisi formulir pendaftaran di website resmi Panselnas baru kemudian dilanjutkan dengan tahap kedua di website sekolah kedinasan yang dipilih.

Adapun langkah yang bisa digunakan dalam proses pendaftaran adalah sebagai berikut.
1. Buka portal https://panselnas.id, baca dan pahami semua penjelasan di semua halaman yang ada.
2. Buka Formulir Pendaftaran, isikan nomer NIK, Nomor Kartu Keluarga, dan Kode di layar (captcha) dengan benar.
3. Akan terbuka halaman pendaftaran, masukan alamat e-mail yang aktif, kata kunci/password baru untuk pendaftaran ini dan kode di layar (captcha) dengan benar.
4. Akan terbuka halaman pemberitahuan "Registrasi Berhasil" dan akan terunduh otomatis lembaran/"struk" bukti registrasi yang berisi instruksi langkah selanjutnya yang harus diikuti pelamar. Lembaran bukti ini harus disimpan, baik dalam bentuk cetak/print dan berkas/"file" nya.

Namun yang menjadi permasalah kita kali ini adalah dimana akses Formulir Pendaftaran Panselnas CPNS Menpan 2017 Terbaru tersebut? Karena bila dilihat dengan seksama di laman resmi Panselnas.id tersebut tidak ditemukan formulir pendaftaran.

Untuk mengetahui cara akses formulir pendaftaran Panselnas itu maka sebelumnya sudah dijelaskan di daftar online panselnas atau bila memang ingin langsung menemukan formulir pendaftaran yang dimaksud bisa juga mengunjungi Reg panselnas.id

Formulir Pendaftaran Panselnas CPNS Menpan 2017 Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CPNS Guru