Cara Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017 di SSCN BKN dan Situs Resmi

PanselnasMenpanCPNS.Com ~ cpns.kemenkumham.go.id | Cara Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017 ~ Cara Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017 di SSCN BKN dan Situs Resmi.

Melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, pemerintah secara resmi membuka lowongan bagi pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk lulusan Akademi (D3) dan Strata satu (S1) yang akan di tempatkan pada wilayah kerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA).

cpns kemenkumham

Pendaftaran dilakukan secara online yang akan dibuka pada tanggal 1 hingga 31 Agustus 2017 melalui website http://sscn.bkn.go.id. Posisi yang ditawarkan oleh Kemenkumham meliputi 21 jabatan diantaranya, penjaga Lembaga Permasyarakatan (lapas) hingga bagian analisis imigrasi. Khusus untuk posisi penjaga lapas, lulusan SMA dan sederajat dipersilahkan mendaftar.

Setiap pelamar hanya diberi satu kesempatan untuk mendaftarkan dirinya pada satu instansi. Jika pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi, maka pelamar yang dimaksud berhak mengikuti proses selanjutnya yakni seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terintegrasi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD pelamar juga diwajibkan mengikuti Seleksi Kompetemsi Bidang (SKB).

Bagan alur pendaftaran CPNS di Kemenkumham Tahun 2017

verifikasi CPNS Kemenkumham

Dan berikut adalah detail mengenai proses pendaftaran hingga pengumunam kelulusan:

Seleksi Administrasi Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017

Pendaftar yang memenuhi kualifikasi dapat langsung mendaftarkan diri secara online di halaman https://sscn.bkn.go.id hingga mendapatkan bukti pendaftaran. Selanjutnya pendaftar mengirimkan berkas melalui kantor pos ke alamat kantor wilayah yang dituju. Berkas yang dimaksud adalah:
  • Formulir pendaftaran yang telah dicetak dari pendaftaran online;
  • Daftar riwayat hidup (CV);
  • Foto copy Ijazah dan Transkrip nilai yang sudah dilegalisir sebanyak satu lembar.
  • Surat pernyataan untuk menyetujui semua ketentuan bagi CPNS yang tertepel materai Rp 6000 dan ditanda tangani peserta. Surat tersebut dapat diunduh pada situs pendaftaran CPNS online yang terintegrasi pada akun peserta;
  • 3 lembar pas foto dengan warna latar belakang merah. Tempelkan salah satu foto pada formulir;
  • Foto copy sertifikat TOEFL;
  • Foto copy KTP yang masih berlaku.
Semua berkas di atas disusun sesuai urutan yag telah disebutkan dan dimasukan ke dalam map cokelat bertali. Tempelkan nomor pendaftaran pada bagian pojok kiri atas map kemudian kirimkan berkas menggunakan pos ke alamat yang tercatat pada saat pendaftaran online. Peserta dapat melihat hasil seleksi berkas di halaman http://cpns.kemenkumham2017.go.id. Peserta yang dinyatakan lulus dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham

Setelah dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi, peserta akan diwajibkan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pada tahap ini, peserta akan di uji mengenai pengetahuan, ketrampilan dan perilaku masing-masing menggunakan Computer Assisted Test (CAT). 

Untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar peserta diwajibkan membawa:
1. KTP asli;
2. Ijazah dan Transkrip nilai asli;
3. Kartu tanda peserta ujian.

Pengumuman tanggal pelaksaan ujian dapat dilihat pada situs resmi Kemenkumham.

Peserta dinyatakan gugur apabila tidak hadir atau tidak membawa berkas yang telah disebutkan  pada hari pelaksaan ujian.

SKD CPNS Kemenkumham 2017 sendiri terbagi menjadi tiga tes yakni:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Tes ini akan menguji wawasan peserta tentang empat pilar kebangsaan Indonesia yang meliputi :
  • Pemahaman Pancasila;
  • Undang-Undang dasar (UUD) 1945;
  • Penerapan Bhineka Tunggal Ika;
  • Negara Kesatian Republik Indonesia (NKRI) meliputi sejarah, Kemampuan bahasa indonesia yang baik dan benar dan peranan Indonesia dalam wilayah Nasional maupun Internasional.
2. Tes Intelegensi Umum (TIU)
Test ini bertujuan untuk menilai Calon Pegawai Negeri Sipil dalam hal :
  • Berpikir logis dan dapat melakukan penalaran secara sistemmatis;
  • Kemampuan verbal atau menyampaikan informasi berupa lisan maupun tertulis;
  • Kemampuan analisis atau mengurai dan mencari solusi dari suatu permasalahan secara sistematik;
  • Kemampuan melakukan operasi perhitungan angka secara matematis.
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Test ini bermaksud untuk menilai Calon Pegawai Negeri Sipil dalam hal:
  • Kemampuan beradaptasi;
  • Semangat berprestasi;
  • Orientasi terhadap pelayanan;
  • Orientasi terhadap orang lain;
  • Integritas diri;
  • Kemauan untuk belajar;
  • Kemampuan bekerja secara mandiri dan tuntas;
  • Kemampuan bekerja sama dalam tim
  • Kemampuan mengendalikan diri sendiri;
  • Kemampuan memotivasi orang lain.

Pelaksanaan seleksi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang dikelola olah Kementerian Pendididkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Peserta dapat langsung mengetahui hasil dari tes SKD masing-masing setelah selesai ujian.  Ini bertujuan agar terciptanya seleksi yang murni dan transparan.

Penentuan kelulusan ditentukan oleh nilai ambang batas kelulusan (passing grade). Passing grade pada tahap SKD ditetapkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  dalam bentuk Peraturan Menteri.

Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Kemenkumham

Jika peserta dinyatakan lulus pada tahap SKD, selanjutnya peserta akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Seleksi ini terbagi menjadi dua tahap yakni, Kesamaptaan dan Pengamatan Fisik serta Keterampilan (PFK). Tes ini penting mengingat posisi yang dibutuhkan memerlukan dukungan kondisi jasmani yang prima, selalu siap siaga, mempunyai daya tahan serta kekuatan fisik yang optimal untuk melaksanakan tugas.

Berikut adalah maksud dari ke-dua tahapan SKB yang telah kami sebutkan di atas :


Samapta mempunyai pengertian kondisi jasmani yang menggambarkan potensi untuk melakukan tugas tertentu dengan hasil yang optimal. Tes ini bertujuan untuk mencari CPNS yang memiliki kemampuan yang baik dalam hal jasmani maupun rohani.

2. Pengamatan Fisik serta Keterampilan (PFK)

Sesuai namanya, tes ini akan menilai CPNS secara fisik dan keterampilan. Tes ini dilakukan oleh tim ahli medis guna mengetahui lebih dalam tentang riwayat penyakit pendaftar.
Tes pengamatan fisik meliputi:
- Pemeriksaan badan secara umum seperti tidak bertato, bekas patah tulang, cacat fisik;
- Pemeriksaan umum (tinggi badan, berat  badan, tekanan darah);
- Pemeriksaan mata dan gigi;
- Pemeriksaan buta warna;
- Pemeriksaan urine;
- Pemeriksaan pendengaran (tidak tuli).

Sedangkan tes keterampilan yang dimaksud adalah kemampuan bela diri, peserta akan diminta melakukan gerakan bela diri yang pernah diikutinya. Selain itu, peserta juga akan diuji pengetahuannya mengenai teknik baris - berbaris. Bobot penilaian antara Kesamaptaan dan Pengamatan Fisik serta Keterampilan (PFK) adalah 50% : 50%

Proses Kelulusan CPNS Kemenkumham 2017

Setelah melewati tahap-tahap seleksi di atas, peserta yang dinyatakan lulus akan diumumkan berdasarkan hasil integrasi nilai SKD dan nilai SKB dari PANSELNAS disitus resmi atau melalui portal berita nasional. Pelamar disarankan untuk terus memantau setiap perkembangan yang ada di situs resmi kementerian.

Semua proses pendaftaran, seleksi hingga kelulusan tidak dikenakan biaya, pemeritah tidak bertanggung jawab atas pungutan dari oknum yang mengatasnamakan diri sebagai Tim Pengadaan CPNS 2017. Tim Pengadaan CPNS 2017 hanya menerima berkas yang dikirimkan melalui kantor POS dan tidak menerima dalam format lain.

Berkas lamaran yang sudah diterima tim pengadaan CPNS 2017 menjadi hak veto, keputusan tim bersifat mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat.

Perincian lokasi penempatan untuk jabatan sipir Kemenkumham dapat dilihat di Kemenkumham CPNS 2017.

Informasi mengenai rekruitmen CPNS dapat dilihat pada beberapa situs berikut ini:
1. www.menpan.go.id
2. https://sscn.bkn.go.id cek penjelasannya di SSCN BKN
3. https://www.mahkamahagung.go.id cek selengkapnya di CPNS Mahkamah Agung
4. http://badilum.mahkamahagung.go.id
5. http://badilag.mahkamahagung.go.id
6. http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id
7. http://cpns.kemenkumham2017.go.id lihat Pendaftaran Online CPNS Kemenkumham.

Cara Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017 di SSCN BKN dan Situs Resmi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CPNS Guru

0 komentar:

Posting Komentar