Tes Kesamaptaan CPNS Kemenkumham 2017

PanselnasMenpanCPNS.Com ~ CPNS Kemenkumham ~ Kenali Terlebih Dulu Tes Kesamaptaan.

Beberapa minggu belakangan ini sedang banyak informasi yang menjelaskan tentang pembukaan peluang kerja menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017.

Dari pihak PANRB menyatakan bahwa ada sekitar 19.210 formasi yang dicari untuk Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dari jumlah 19.210 tersebut terbagi menjadi 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung dan 17.962 formasi untuk di Kemenkumham.


Seperti yang terlansir dalam situs resminya yaitu menpan.go.id, pemerintah mengumumkan dan mengundang para putra-putri terbaik yang berada di seluruh Indonesia termasuk untuk lulusan terbaik (cumlaude) untuk mengikuti seleksi tersebut.

Layaknya seleksi-seleksi CPNS yang dilakukan sebelumnya, pendaftaran kembali dilaksanakan dengan sistem berbasis online dan semua prosesnya terintegrasi secara online melalui websitenya https://sscn.bkn.go.id.

Semua kegiatan seleksi tersebut dilaksanakan mulai dari 1 Agustus sampai 31 agustus 2017. Adapun tahapan seleksi yang dilakukan yaitu:

  1. Seleksi untuk unit administrasi berupa: verifikasi berkas, surat lamaran, pengukuran tinggi badan peserta, dan verifikasi berkas asli.
  2. Seleksi untuk kompetensi dasar atau TPA dengan CAT.
  3. Seleksi untuk kompetensi bidang semua peserta disesuaikan dengan kemampuan dan keahilannya masing-masing, termasuk juga tes Kesamaptaan.
  4. Wawancara atau interview.


Dan dalam artikel ini kami akan coba menjelaskan tentang tes Kesamaptaan. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui dan mengerti apa itu tes Kesamaptaan. Bahkan masih banyak juga yang awam ketika mendengar tes Kesampataan. Namun sebelumnya kami akan coba untuk menerangkan berasal dari manakah kata “Kesamaptaan” tersebut. Kata kesamaptaan berasal dari sebuah kata samapta yang memiliki makna prepared atau ready dan juga bisa di artikan sebagai kesiapan.

Apa itu Tes Kesamaptaan?

Tes Kesampataan adalah salah satu diantara tahapan tes yang dilakukan pada saat seleksi penerimaan CPNS yang berupa tes kesiapan fisik, dan tes kesehatan dari masing-masing calon pelamar. Namun Tes Kesamaptaan ini tidak dilakukan untuk semua CPNS melainkan hanya dilakukan untuk pelamar dari lulusan SLTA sederajat, khususnya untuk sipir atau penjaga tahanan.

Tes Kesamaptaan CPNS Kemenkumham 2017

Tes Kesamaptaan terdiri dari 2 jenis yaitu dari segi kesehatan dan dari segi kesamaptaan. Untuk segi kesehatan dengan cara memeriksa:

  1. Tinggi badan = Pria minimal 160, Wanita minimal 150.
  2. Berat badan = Ideal sesuai dengan index mass.
  3. Tekanan darah = sesuai ketentuan dokter.
  4. Penglihatan = tidak buta warna dan katarak.
  5. Pendengaran = tidak menggunakan alat bantu dengar dan tuli.
  6. Kondisi badan secara normal = tidak bertatto.


Ada tambahan pengecekan dari tim dokter seperti :

  1. Ada bekas operasi atua tidak.
  2. Ada bekas patah tulang atau tidak.
  3. Cacat fisik.
  4. Peserta wanita yang sedang mengandung.


Semua tes kesehatan tersebut berjalan dengan sistem gugur, jika salah satu ada yang tidak memenuhi kriteria maka akan langsung gugur.

Dari segi kesamaptaan, terdapat beberapa jenis tes Kesamaptaan, seperti:

  1. Lari
  2. Push up
  3. Sit up
  4. Pull up dan chining
  5. Shuttle run
  6. Wawancara
  7. Beladiri (dikhususkan untuk calon pegawai lapas atau rutan)


Setiap tes yang diujikan akan dibedakan kapasitasnya antara pria dan wanita.

1. Lari
Untuk tes lari, dilakukan selama 12 menit bagi pria dengan jarak tempuh minimal 1200 meter. Sedangkan wanita dilakukan dengan minimal jarak tempuh yang sama 1200 meter namun waktunya lebih lama yaitu 14 menit. Tujuan dari tes lari ini yaitu untuk mengetahui ketahahan tubuh dan supaya tetap bugar. Tips gunakan kecepatan dan seimbangkan dengan stamina, jangan terlalu diforsir karena nantinya masih akan ada tes shuttle run yang membutuhkan stamina dan kecepatan yang lebih.

2. Push up
Untuk tes push up, untuk laki-laki dilakukan dengan minimal 35-40 kali dalam 1 menit, sedangkan wanita 30-35 dalam 1 menit. Tujuan dari tes push up ini untuk mengetahui daya tahan lengan luar.
Tips untuk tes push up, jangan sampai ketika push badan menyentuh dengan alas (bawah). Dan upayakan ketika badan turun tingginya 10 cm dengan alas.

3. Sit up
Sama hal nya dengan tes push up biasanya untuk laki-laki dilakukan sebanyak 35-40 kali dalam 1 menit dan untuk wanita biasanya 30 kali dalam 1 menit . Sit up itu sendiri adalah gerakan duduk kemudian bangun kembali. Tujuannya dari sit up yaitu untuk mengetahui daya tahan tubuh serta fleksibilitas otot perut.,Tips untuk sit up yaitu lakukan dengan cara silang atau bergantian. Ketika bangun dari posisi telentang baiknya ke kanan atau kiri secara bergantian.

4. Pull up dan chining
Gerakan pull up yang nantinya akan dihitung oleh pengawas yaitu dengan bergantungan dengan tiang horizontal kemudian menarik badan keatas hingga dagu melebihi tiang, kemudian turun kembali dengan posisi tangan lurus dan dilakukan sebanayak 10 kali dalam 1 menit untuk standar laki-laki. Pull up ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dari otot lengan.

5. Shuttle run
dan tes semapta yang terakhir adalah shutttle run, yang dilakukan dengan berlari sprint atau dengan kecepatan penuh membentuk angka 8. Harus melewati 2 patok besi yang berjarak 10 meter dari titik awal. Ketika aba-aba sudah dimulai, peserta lari dari titik start sesuai dengan sistem yang sudah di terapkan sampai dengan garis finish. Lari sebanyak 3 putaran dan lakukan dengan cepat, usahakan lari tidak lebih dari 20 detik sampai selesai. Karena semakin cepat dilakukannya maka akan semakin bagus pula penilaian untuk peserta. Ketentuan mutlaknya adalah jangan mendahului aba-aba “mulai” jika dilanggar maka pelaksanaan diulang. Tujuan dari tes ini yaitu untuk mengukur akselerasi dan agility (kelincahan) dari peserta.

Berikut adalah semua rangkaian dari tes Kesamaptaan CPNS Kemenkumham yang sudah kami jabarkan beserta masing-masing target yang harus dicapai.

Penting! Untuk semua peserta upayakan untuk berlatih terlebih dahulu lekukan setiap gerakan tes dengan benar agar masuk dalam penilaian dan bisa melebihi dari target-target yang tertera karena jika semakin lebih baik dari target yang ada otomatis penilaian pun akan lebih baik untuk peserta.

Cara penilaian dari tes Kesamaptaan terbagi 2:

  • Penilaian untuk Tes Lari

Penghitungan tes lari dibedakan tersendiri dengan tes yang lainnya. Karena penilaiannya berdasarkan dengan jarak yang di tempuh dan disesuaikan langsung dengan tabel penilaian yang ada.


  • Penilaian untuk Push Up, Sit, Up, Pull Up, dan Shuttle Run


Perhitungan masing-masing tes yaitu berdasarkan berapa banyak gerakan yang benar dari masing-masing dan hasilnya disesuaikan dengan tabel yang ada.

Tes Kesamaptaan CPNS Kemenkumham 2017

Jika semua tes sudah dilalui dan lulus maka akan langsung di wawancara oleh perwakilan masing-masing bagian yang posisinya kosong. Namun khusus untuk formasi penjaga tahanan atau sipir diwajibkan untuk mengikuti pelatihan beladiri. Guna untuk menghindari kejadian yang tak terduga seperti hal nya tahanan narapidana bertengkar, tahanan tiba-tiba menyerang, atau jika ada tahanan yang ingin coba kabur lapas.

Tes Kesamaptaan CPNS Kemenkumham 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CPNS Guru

0 komentar:

Posting Komentar