Info Resmi Pendaftaran CPNS 2017 di 61 Kementerian/Lembaga dan Kaltara

sscn.bkn.go.id ~  JAKARTA - Tanggal 5 September menjadi momen yang besar bagi pegiat tes CPNS karena Mulai siang hari di tanggal 5 September 2017 tepatnnya jam 12, direncanakan akan dibuka pendaftaran PNS secara nasional di semua kementerian dan lembaga dengan total yang diperlukan adalah sekitar 17.400 dari mulai tingkat pendidikan SMK/SMA sampai pd S2.


Awalnya kabar tersebut disangka hoax karena pihak panitia CPNS baru saja mengumumkan kelulusan seleksi administrasi bagi pelamar tes CPNS baik Kemenkumham maupun Mahkamah Agung, cek Pengumuman CPNS Kemenkumham.

Saat dikonfirmasi ke Menpan dan juga BKN ternyata kabar tersebut benar adanya dengan tepatnya 17.928 formasi dibuka dalam 30 Kementerian, 30 Lembaga dan 1 Pemprov dengan total 61 Instansi yang dibagi ke dalam banyak jabatan dan posisi. Silahkan buka pengumumannya di www.kemenpanrb.go.id atau di http//sscn.bkn.go.id.

Jadi seleksi CPNS 2017 kali ini dibuka secara beruntun karena belum kelar mengenai bukaan CPNS Kemenkumham dan Mahkamah Agung sudah disambung dengan pembukaan pendaftaran CPNS di semua instansi.

Sebelumnya memang sempat beredar luas melalu jejaring WA mengenai bukaan tes CPNS ini namun belum ada kabar valid hingga akhirnya ada pengumuman resmi dari pihak yang berwenang atas seleksi CPNS tahun 2017 ini.

Atas pesan berantai tersebut, Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan menegaskan belum ada informasi valid tentang penerimaan CPNS di Kementerian/Lembaga (K/L) lain.

Ditambahkannya bahwa keterangan valid hanya ada di website resmi BKN, dan juga akun resmi lainnya baik itu twitter maupun facebook.

"Silakan menunggu pengumuman oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," katanya, Selasa (5/9/2017).

Saat ditanya lebih lanjut mengenai kebenarannya atas info bukaan CPNS, Ridwan menghibau untuk memantau langsung perkembangannya di web resmi, dan alternatif dari website resmi yang bisa saja down karena kebanyakan pengunjung maka ada 2 akun lain yakni facebook dan twitter.

"Untuk info terkini, silakan follow kami di Facebook.com/bkngoid atau twitter.com/bkngoid atau sscn.bkn.go.id," ujarnya.

Dan setelah sore harinya barulah ada kabar dari Facebook BKN yang isinya menyatakan bahwa resmi dibuka pendaftaran CPNS di 61 Kementerian / Lembaga dan Kaltaran dengan tagline CPNS 60 K/L dan Kaltara.

Bukaan ini juga didasarkan dari nawacita presiden dan juga guna mengisi PNS yang pensiun sebab dalam 2 tahun terakhir pemerintah tidak melakukan bukaan CPNS secara umum seperti saat ini dan seleksi akan berlangsung secara ketat untuk menjaring peserta dengan kualitas terbaik sehingga nantinya dapat membuat peningkatan kinerja saat menjadi PNS.

"Kebijakan penerimaan CPNS Tahun 2017 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis (core business) yang mendukung Nawacita sebagai pengganti PNS yang pensiun, serta karena adanya peningkatan beban kerja pada K/L dimaksud," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur, Selasa (5/9/2017).

Meskipun moratorium namun tidak berlaku bagi Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara), sebab menurut Menpan Asman Abnur, Kaltara merupakan daerah baru yang merupakan provinsi pemekaran yang masih sangat kekurangan pegawai.

“Formasi untuk Pemprov Kaltara sebanyak lima ratus, sedangkan jumlah lowongan/formasi CPNS untuk Kementerian/Lembaga sebanyak 17.428,” ujarnya.

Menpan menjelaskan formasi untuk Kementerian/Lembaga, termasuk untuk putra/putri lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) sebanyak 1.850, penyandang disabilitas sebanyak 166, serta putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 196.

Seperti pendaftaran sebelumnya, calon pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan memilih satu jabatan. “Bagi pelamar yang sudah mendaftar pada penerimaan putaran pertama (Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung) diperbolehkan mendaftar kembali dengan menggunakan account SSCN yang telah dibuat sebelumnya".

Ditambahkan lagi terkait dengan pelamar yang telah mengikuti gelombang pertama dengan tegas Menpan menyatakan apabila terdapat pendaftar pada penerimaan putaran pertama sudah dinyatakan lulus/final, diminta untuk tidak mendaftar lagi pada penerimaan putaran kedua.

Pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2017 ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut
biaya.

"Informasi resmi terkait dengan persyaratan pendaftaran dan jadwal dapat diakses mulai hari ini, Selasa (5/9/2017) pukul 23.00 WIB di situs Kementerian PANRB www.menpan.go.id, situs BKN https://sscn.bkn.go.id , serta situs Kementerian/Lembaga yang bersangkutan," ujarnya.

Adapun detail mengenai Info Resmi Pendaftaran CPNS 2017 di 61 Kementerian/Lembaga dan Kaltara adalah sebagai berikut.

Pemerintah Buka Penerimaan CPNS di 60 K/L dan Pemprov Kaltara yang dinamakan batch II

Seleksi CPNS 2017 dikenal dengan 2 nama yang pelaksanaannya secara beruntun antara penerimaan CPNS Kemenkumham Mahkamah Agung dengan 61 K/L dan Provinsi Kaltara.

Pada penerimaan CPNS Kemenkumham dan Mahkamah Agung diberi nama Pendaftaran CPNS batch I tahun 2017, kemudian ada lagi yang namanya Pendaftaran CPNS batch II 2017 sebanyak 17,928 formasi CPNS pada 60 Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara pada tahun 2017 ini.

Bagi yang berminat melakukan pendaftaran CPNS 2017 batch II ini maka langkah-langkah tak ubahnya dengan batch I sebelumnya yakni diawali dengan pendaftaran di sscn.bkn.go.id hingga cetak kartu peserta.

Informasi lowongan tertuang pada website kementerian bersangkutan dengan ciri utama menggunakan domain go.id, website menpan.go.id, sscn.bkn.go.id, atau akun media sosial utama BKN yaitu facebook.com/bkngoid dan twitter.com/bkngoid.

Setelah resmi diumumkan maka secara resmi juga pendaftaran online penerimaan CPNS pada 60 K/L mulai 5 September 2017, pukul 23.00 melalui sscn.bkn.go.id.

Bagi pelamar CPNS Kemenkum HAM dan MA yang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi diberikan peluang untuk kembali melamar CPNS di 60 K/L tersebut dengan catatan hanya dapat memilih satu instansi dan satu formasi.

Pelamar yang sebelumnya sudah melamar pada seleksi Kemenkum HAM dan MA tidak perlu lagi membuat akun saat akan melamar ke 60 K/L ini.

Pelamar tinggal log-in pada web sscn.bkn.go.id dengan memasukan NIK dan password yang digunakan pada pelamaran di batch I. Selengkapnya informasi K/L dan Pemerintah Provinsi yang membuka lowongan adalah sebagai berikut:

61 Kementerian/Lembaga dan Provinsi yang membuka Pendaftaran CPNS bacth II 2017

1 Arsip Nasional Republik Indonesia Download
2 Badan Ekonomi Kreatif Download
3 Badan Informasi Geospasial Download
4 Badan Intelijen Negara Download
5 Badan Keamanan Laut RI Download
6 Badan Kepegawaian Negara Download
7 Badan Kependudukan dan KB Nasional Download
8 Badan Koordinasi Penanaman Modal Download
9 Badan Meteorologi,Klimatologi & Geofisika Download
10 Badan Narkotika Nasional Download
11 Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Download
12 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Download
13 Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI Download
14 Badan Pemeriksa Keuangan Download
15 Badan Pengawas Obat dan Makanan Download
16 Badan Pengawas Tenaga Nuklir Download
17 Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Download
18 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Download
19 Badan Tenaga Nuklir Nasional Download
20 Kejaksaan Agung Download
21 Kementerian Agama Download
22 Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN Download
23 Kementerian Badan Usaha Milik Negara Download
24 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Download
25 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Download
26 Kementerian Kelautan dan Perikanan Download
27 Kementerian Kesehatan Download
28 Kementerian Ketenagakerjaan Download
29 Kementerian Keuangan Download
30 Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Download
31 Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Download
32 Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Download
33 Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Download
34 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Download
35 Kementerian Luar Negeri Download
36 Kementerian Pariwisata Download
37 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Download
38 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Download
39 Kementerian Pemuda dan Olahraga Download
40 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Download
41 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Download
42 Kementerian Perdagangan Download
43 Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Download
44 Kementerian Perhubungan Download
45 Kementerian Perindustrian Download
46 Kementerian Pertanian Download
47 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Download
48 Kementerian Sekretariat Negara Download
49 Kementerian Sosial Download
50 Kepolisian Negara Download
51 Lembaga Administrasi Negara Download
52 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Download
53 Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Download
54 Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Download
55 Lembaga Sandi Negara Download
56 Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Download
57 Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Download
58 Sekretariat Jenderal DPR Download
59 Sekretariat Kabinet Download
60 Sekretariat Mahkamah Konstitusi Download
61 Sekretaris Komisi Yudisial Download

Info Resmi Pendaftaran CPNS 2017 di 61 Kementerian/Lembaga dan Kaltara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CPNS Guru

0 komentar:

Posting Komentar